Chyntia utari wahyuni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan dan tujuannya

Pendidikan dan tujuannya

1. Pengertian pendidikan

Menurut kamus besar bahasa indonesia pengertian pendidikan adalah sebuah proses ataupun tahapan dalam pengubahan sikap serta etika maupun tata laku seseorang atau kelompok dalam orang dalam meningkatkan pola pikir manusia melalui pengajaran dan pelatihan serta perbuatan yang mendidik.

Hal ini berkaitan dengan tujuan bahwa arti pendidikan bukan hanya sebagai proses ataupun sistem transfer knowledge saja akan tetapi sebagai proses pengubahan etika, norma ataupun akhlak dari setiap peserta didik.

2. Tujuan pendidikan

Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960 tujuan pendidikan membentuk pancasilais sejati sesuai ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 945.

Tujuan Pendidikan Nasional dalam UUD 1945 (versi Amandemen) 1) Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlta yang beruntung dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mengatur dengan undang-undang. ” 2) Pasal 31, ayat 5 mengutip, “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.”

Berdasarkan UU. No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3, tentang tujuan pendidikan nasional, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang setuju dan bertanggung jawab.

Tujuan Pendidikan Menurut Unesco Dalam Peningkatan Kualitas Bangsa, Tidak Ada Cara Lain Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan . Berangkat dari harapan itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yaitu: (1) belajar Mengenal, (2) belajar Mengenal, (2) belajar melakukan (3) belajar menjadi, dan (4) belajar untuk hidup bersama. Dimana keempat pilar pendidikan tersebut adalah tujuan-tujuan IQ, EQ dan SQ.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post